Saturday, April 28, 2012

Gretongan dari Melbourne

Apa coba yang gratisan dari Melbourne?
Kartu pos!! Lebih tepatnya advertising postcard atau biasa disingkat adcard --di postcrossing sering disingkat ads aja--. Apa itu adcard? Namanya aja "advertising" dan "postcard" maka jelas bahwa itu adalah kartu pos yang digunakan untuk mengiklankan atau mensosialisasikan sesuatu, bisa itu produk, kampanye, events, dan lain-lain.
Sebenernya itu postcards udah ada di aku sejak tahun 2010. Aku dapetin mereka ketika aku mengunjungi Melbourne tahun 2010 untuk sebuah conference --pengen tau ceritanya? Cari di archive tahun 2010--. Adcard bisa kita jumpai mulai di kantor pos --yang paling lazim-- sampe di café ataupun tempat makan. 

Aku tidak akan menampilkan semua koleksi adcards yang kupunya. Mereka yang di sini adalah selected collection. My fav ones..



suka banget sama tagline-nya "you're the special ingredient"




Tiga kartu pos selanjutnya lebih spesial lagi! Yang langsung di bawah ini punya bagian transparan dan ternyata... oh.. ternyata.... dianya adalah semacam kaca pembesar! Very unique!! Selain itu adanya kaca pembesar itu juga cocok banget sama isu yang diangkat melalui kartu pos itu "take a closer look at the issues". Kaca pembesar kan membantu kita untuk melihat sesuatu lebih jelas lagi... ;)


Nah, kalo dua kartu berikutnya ini ukurannya yang berbeda dari kartu pos kebanyakan. Biasanya kan kartu pos itu ukurannya seperempat kertas A4. Nah, kalo mereka ini ukurannya agak-agak berlebih dan ada lipetannya...

Yang pertama. Kartu pos ini ngajak orang intuk ikutan aksi donor darah.. Gambar utamanya sangat sederhadan tapi ngena banget!



Nah, yang berikutnya ini sungguh-sungguh favoritku! Kartu pos ini adalah adcard dalam rangka ulang tahun kota Melbourne. Kartu posnya colorful lengkap dengan gliter sgala... hahaha... Kartu pos ini berukuran A5 yang dilipat jad dua sama besar dan bisa disobek di tengah..





No comments:

Post a Comment