Tuesday, April 24, 2012

Apa ya padanannya? #3


cocok botol (Indonesian)

Apa ya padanannya edisi 3 ini akan lebih berfokus ke Bahasa Indonesia dan English --secara German-ku minimalis!--. Mari kita mulai dengan bunga yang bisa tumbuh dimana aja. Pertama, marigold (English). Sepemahamanku sejauh ini, marigold adalah nama awam yang digunakan untuk menyebut bebunga'an yang ada di genus Tagetes --kalo diantara temen-temen yang baca ada yang belajar biologi secara lebih serius, monggo diralat kalo aku salah--. Aku gak tau apa nama Indonesianya sampe sa'at aku nulis postingan ini --hahahahhaa...!!--. Sengaja kucari apa
bahasa Indonesianya karena selama ini ada banyak temen-temenku yang nanya apa sih Bahasa Indonesia-nya dan aku gak kunjung punya jawaban. Beberapa bilang bahwa pohon dan bunganya mirip banget sama yang biasa kita sebut bunga kenikir, tapi apa iya ini bunga kenikir?? Jawabannya adalah TIDAK! Bunga kenikir merujuk pada tanaman lain yang akan kutulis setelah ini. Nah, terus apa dong bahasa Indonesianya "marigold"? Namanya dalam Bahasa Indonesia adalah "cocok botol"! Aneh ya?! Situs plantamor --salah satu situs yang kupercayai tentang taneman-- hanya menuliskan cocok botol untuk salah satu jenis marigold, yaitu african marigold --makanya aku masangnya gambar african marigold--. Sedangkan untuk marigold jenis lain, misal french marigold, gak dituliskan apa nama indonesianya. Aku sendiri punya kecenderungan untuk menyebut semuanya "cocok botol" karena toh orang belum tentu gitu ngéh apa bedanya. Hehe... agak ngawur!! Nah, kalo di toko taneman, biasanya tanaman marigold ini disebut dengan nama kenikir hias. "Kenikir" pake "hias"..

cosmos (English)
Kedua adalah kenikir (Bahasa Indonesia). Kenikir --dari hasil baca-baca-- ternyata adalah nama indonesia untuk satu taneman yang udah sangat akrab denganku, yaitu cosmos. Kata "cosmos" sendiri aku gak gitu yakin sebenernya dari bahasa apa. Dalam bahasa Inggris, kenikir memang disebut dengan nama cosmos, tapi nama ilmiah untuk genus yang disebut dengan nama kenikir atau cosmos ini pun bernama Cosmos. Padahal kan biasanya penamaan dalam binomial nomenclature kan dengan latin.. Hmmm... Biologiku dulu jaman sekolah dapet brapa sih?! Hmm... jadi ragu..

Oya, sekedar fyi aja tentang cosmos dan marigold. Cosmos ini gak semua berwarna kuning ataupun orange. Ada juga cosmos yang warnanya putih, pink, merah semerah-merahnya, bahkan semu-semu ungu. Bentuk kelopaknya pun ada yang menyerupai seashell. Marigold pun gak semua berwarna kuning maupun orange, ada juga yang dominan putih sampe yang punya sentuhan warna merah pada kelopaknya. Ada marigold yang bentuk bunganya bisa sampe bulet, tapi ada juga yang setengah lingkaran aja. Trus knapa sih orang suka kebolak-balik dengan keduanya? Aku gak punya jawaban pasti tentang ini, tapi jawaban alternatif yang terpikirkan olehku ada. Mereka berdua ini memang mirip baik bunganya --esp untuk cosmos yang punya lebih dari satu layer kelopak dan marigold setengah lingkaran-- maupun bentuk daunnya. Mereka mirip karena semata-mata mereka ini sekeluarga. Yup, mereka masuk family Asteraceae bareng-bareng sama e.g. dahlia dan chrysanthemums. 

cockscomb (English)
Tanaman selanjutnya (ketiga) udah jarang banget kujumpai, bahkan di daaerah tempat tinggalku yang di dusun ini. Sejak kecil aku nyebut taneman ini dengan nama jengger ayam. U know it?! Dulu taneman ini gampang banget dijumpai oleh semua orang kurasa, dimana-manalah! Tapi sekarang --sadly to say-- susah ditemu'innya.. Atau itu cuman perasa'anku aja? Smoga begitu.. Nah, nama Inggris untuk tanaman ini persis sama sama terjemahan "jengger ayam" dalam bahasa inggris, yaitu "cockscomb". Easy, hah? ;D

Keempat. Kalo kita pergi ke daerah dataran tinggi, bunga ini bisa ditemukan di mana-mana. Yup, bunga terompet! Bunga terompet dalam bahasa inggris suka disebut dengan angel's trumpet atau datura. Kalo kita nyari-nyari biji di situs jual beli online internasional, ebay misalnya, nama datura lebih familiar dipake. Sebenernya bunga terompet atau angel's trumpets atau datura sendiri tidak merujuk pada satu macam bunga saja, tapi merujuk pada satu genus tanaman bunga yang nama genusnya Datura juga. Wiki sih nulis Datura terdisi dari sembilan spesies yang berbeda. Ada diantaranya yang pohonnya tinggi dan pendek --dwarf--, berbunga putih sampe ungu, mahkota satu layer sampe yang penuh di bangian tengahnya. 

bunga terompet (Indonesian)

No comments:

Post a Comment