Wednesday, May 22, 2013

self-growing seedlings


Beberapa waktu yang lalu aku dikejutkan dengan kemunculan banyak seedlings di salah satu pot bunga kamboja yang aku tanam. Pot itu mendadak begitu rame!

Ku akui bahwa beberapa waktu belakangan, karena kesibukan, tanaman-tanamanku jadi agak terbengkalai. Aku bahkan gak tau bahwa seedpods bunga kamboja di beberapa pot udah waktunya diambil karena mereka udah pada kering dan pecah. Sampai... sampai... biji-biji dalam seedpods itu ketika kutemukan udah gak lagi berbentuk biji. Yak! Mereka udah berubah jadi seedlings! Amazing transformation, isn't it?


biji yang pada jatuh di pot dan tumbuh dengan sendirinya.. =D
Di pot yang lain kejadiannya lebih mengejutkanku lagi! Tampaknya seedpods di tanaman itu gak terbuka lebar, jadi banyak biji yang masih terperangkap di dalam seedpods. Apakah kamu tahu apa yang terjadi kemudian? Ketika aku temukan, biji-biji itu udah pada tumbuh, bukan di tanah seperti kejadian di pot sebelumnya, melainkan di seedpods! 

2 seedpods yang kubuka (kiri);
2 renteng biji yang udah kupindah ke tanah.
Beberapa bijinya udah pada mulai tumbuh sejak mereka masih nempel di seedpods (tengah dan kanan)
Kejadian ini benar-benar membuatku sadar bahwa sebenarnya bumi ini, atau bahkan mungkin kehidupan ini, punya kemampuan meregenerasi dirinya sendiri dengan sangat luar biasa. Jadi kalo sampe ikan-ikan di laut menurun drastis. Kalo sampe kita jarang melihat kupu-kupu terbang bebas. Kalo kita sampe gak pernah lagi liat kunang-kunang atau pun bapak pucung. Maka.. apa yang sebenarnya terjadi pada bumi ini? Apa yang terjadi pada daur kehidupan yang udah tersusun sedemikian rupa ini? 

It's just a thought for us. Human.. 

No comments:

Post a Comment