Friday, January 20, 2012

Wishlist: Nelumbo nucifera




Pernah ngeliat tanaman di atas?

Awalnya aku gak tau apa nama tanaman ini. Aku pertama kali begitu terpesona dengan tanaman ini ketika aku kerja praktik di Puskesmas Cangkringan, Sleman, Yogyakarta. Sama halnya kaya' ke Roma, ke Puskesmas Cangkringan pun punya banyak pilihan jalan --pun ujungnya cuman dua, pilih muncul dari barat atau timur--. Nah kalo kita milih lewat timur, di salah satu jalan yang nembus ke situ itu ada sebuah rumah di tepi jalan yang punya kolam gak bgitu besar. Kolam itu dipenuhi tanaman ini. Aku selalu suka lewat sana karena aku bisa memandangi tanaman ini lama-lama. Hehehe...
Dan sejak saat itulah aku bertekad untuk punya tanaman ini suatu saat nanti! 

Aku mendefinisikan tanaman ini dengan cara seperti ini:
"Tanaman yang tumbuh di air. Mirip sama teratai. Tapi daunnya gak nempel air semua, mreka bisa berdiri-berdiri dengan panjang batang medium. Bunganya miriiippp banget sama teratai tapi batang bunganya panjang. Kalo menurutku dibandingkan dengan teratai, bunga ini lebih fabulous.."

Ketika aku ke Denpasar kemaren Desember, aku baru tahu bahwa tanaman ini sering disebut dengan nama LOTUS. Jadi ini adalah lotus, sodaranya teratai --pun perasa'anku mengatakan bahwa lotus itu ya nama ilmiahnya teratai. Iya gak sih? Hehehe..--.Mungkin mereka sepupuan..

Di bawah ini ada beberapa foto yang berhasil aku temukan di google.. Silakan mencermati.. Jadi tar kalo berencana mo ngasih aku taneman ini gak salah kasih or ketuker sama teratai... ;D







No comments:

Post a Comment